KEWARGANEGARAAN
a. Pengertian Penddkn
Kewarganegaraan.
Menurut UU No 20 Tahun 2003 ttg
sistem Pendidikan Nasional. “ Penddkn Nas berfungsi mengembangkn kemampuan dn
membentk watak erta peradaban bangsa yg beramartbt dlm rangka mencerdasakan
kehidpn bangsa, bertujuan untk
berkembangnya potensi peerta didik agr menjadi manusia beriman dn bertaqwa kpd
Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia ,sehat cakap ,kreatif , mandiri,
demokratis serta bertanggungjawab.
b. Pengertian
Kewarganegaraan
Adalah
anggota dlm sebuah komunitas politik (negara)dan dgnya membawa hak untk
berpartisipai dlm kehidupan politik dan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
c. Warga
negara dn Penduduk Indonesia
Pasal 26 UUD RI tahun 1945 :
(1). Yg menjadi warga negara ialah
orang-orang bangsa Indonesia ali dn orang-orang bangsa lain yg disahkan dg UU
sbg WN.
(2). Penduduk adalah warga
negara Indonesia dn orang asing yg bertempat tinggal di Indoneia.
Pasal 27 UUD RI tahun
1945 :
(1). Segala warga negara bersama
kedudukanya di dalam hukum dan pemerintahan dn wajib menjujnjung hukum dan
pemerintahan itu dg tdk ada kecualinya.
(2). Tiap-tiap warga negara berhak atas
pekerjaan dn penghidupan yg layak bagi kemanusiaan
(3) Setiap warga negara berhak
dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.
Konsep Pend Kewargaraan di PT
1]
Mempersiapkn pribadi sbg WN dan anggota masyarakat yg bertanggung jawab.
2]
Menanamkan dasar pembangunan berkelanjutan (sustainable development) bg
kesejahteraan manusia dn kelestarian lingkungan hidup.
3]
Menyelenggarakan penddkn yg berorientasi pd penguasaan, pengembangan ,
dn penyebaran ilmu pengetahuan, tehnologi dan seni demi kepentingan manusia.
Tanggungjawab Penddkn Tinggi
1.Tdk hanya meneruskan nilai2, mentransfer ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni tapi juga
melahirkan
warganegara berkesadaran tinggi ttg bangsa dn kemanusiaan.
2.Memperiapkan tenaga kerja masa depan yg produktif dlm konteks yg
dinamis.
3.Mengubah cara berfikir, sikap hidup, dan prilaku
berkarya individu maupun kelompok masyarakat dalam rangka memprakarai perubahan
soial yg diperlukan erta mendorong perubahan ke arah kemajuan yg adil dan
bebas.
Secara
khusus Pendidikan tinggi berperan mempersiapkan pribadi, anggota masyarakat
(warga negara) sehingga mampu dn termotivasi serta berpartisipasi aktif dlm
aktualisasi masyarakat madani.
Aspek
nilai moral , agama dan sosial budaya dlm ilmu kewarganegaraan :
Pandangan
agama mengenai civic education menyikapi besarnya perubahan soial yg melanda
dunia aat ini mempengaruhi ajaran agama, sehingga mengakibatkan kegoncangan
rohani , perubhn sos bud itu melanda
tertib soial mayarakat sehingga mempengaruhi nilai kehidupan klaik ,
tradisional, suku,bangsa dan cara hidup, komunikasi yg seolah-olah terjadi
tanpa batas dan sosialisasi yang berakibat tdk ada kepastian hukum (low
invesment)
B. Hak asasi Manusia
Dalam UUD RI 1945 Pasal 28 A
“Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan
kehidupanya”
- Pasal
28 B (1) Setiap org berhak
membentk keluarga dn melanjutkan keturunan melalui perkawinan yg sah.
- (2) Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup,
tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dri kekerasan dan
diskriminasi.
Definisi HAM
“Seperangkat hak yg mlekat pd hakikat & Keberadaan
manusia sbg makhluk Tuhan YME dan
merupakan anugerah-nya yg wajib dihormati, dijunjung tinggi & dilindungi
oleh negara, hukum, Pemerintah, &setiap orang demi kehormatan serta
perlindunganHarkat & martabat manusia”.
(UU 39 th 1999)
Hak-hak yg diatur dlm UU no 39 th 1999
-
Hak hidup
-
Hak Berkeluarga dan Melanjutkan Keturunan
-
Hak mengembangkan diri
-
Hak memperoleh Keadilan
-
Hak atas kebebasan pribadi.
-
Hak atas rasa aman
-
Hak atas kesejahteraan
-
Hak turut serta dalam pemerintahan
-
Hak wanita
Pasal 28 c
(1) Setiap org berhak mengembangkan diri
melalui pemenuhn kebuthn dasarnya, berhak mendapat penddkn dn memperoleh
manfaat dri ilmu pengetahuan dn
teknologi, seni dn budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dn demi kesejahteraan
umat manusia.
Pasal 28 D
(1)Setiap
orga berhak atas pengakuan , jaminan perlindungandan kepastian hukum yg adil
serta perlakuan yg sama di hadapan hukum.
(2)Setiap
org berhak untuk bekrja serta mendapat imbalan dn perlakuan yg adil dn layak
dlm hubungan kerja
(3)Setiap
WN berhak memperolah kesempatan yg sama dlm pemerintahan.
(4)Setiap
org berhak atas status kewarganegaraan.
Pasal 28 I
(5)Untuk
menegakkn dn melindungi hak asasi manusia ssi dg prinsip demokrsi neg hukum yg
demokratis maka pelaksanaan hak asasi manusia dijamin diatur dn ditungkn dlm
peraturan per UU ngan.
Pasal
28 J
(1) Setiap
org wajib menghormati hak asasi org lain dlm tertib kehidupan bermasyarakat ,
berbangsa dn bernegara.
(2) Dlm menjalnkn hak dn kebebasnya setiap org wajib tunduk kepada
pembatasan yg ditetapkn dg UU dg maksud semata-mata untuk menjamin pengakuan
serta penghormatan atas hak dn kebebasan org lain dn untuk memenuhi tuntutan
yang adil ssi dg pertimbangan moral, nilai-nilai agama keamanan dn ketertiban
umum dlm suatu masyarakat demokratis.
C.
Hak dan kewajiban WN
Hak
warga negara Indonesia adalah :
1)Kesamaan
dlm hukm dn pemerintahan(psl 27 ayat 1 UUD RI 1945) 2)
Hak atas pekerjaan dn penghidupan yg layak (psl 27 ayat 2 ) 3) Ikut serta dlm
upaya pembelaan negara( pasal 27 ayat 3 ) 4) Hak mendapat pendidikan (psl
31ayat 1)
5) Kesejahteraan sosial (33 ayat 1,2,3 dn psl 34 )
Kewajiban WN Indonesia adalah :
a)Kewajiban menjjng tinggi hukm dn pemerithn (psl 27 ayt 1)
b)Kewajiban untk turut serta dlm upaya pembelaan negara (psl 27 ayt 3
) c)Setia membayar pajak neg ( psl 23 A)
d)Kewajiban untuk turut serta dlm usaha pertahanan dn keamanan neg (psl 30 ayat 1 )
D. Bela Negara
wujud
dri usaha bela negara adalah kesiapan dn kerelaan setiap WN untk berkorban demi
mempertahankan kemerdekaan , kedaulatn neg, persatuan dn kesatuan bangsa,
keutuhn wilayah dn yuridiksi nasional serta nilai-nilai Panc dn UUD RI 1945
Berdasarkan
pasal 27 ayat (3) : Bahwa usaha bela neg merupakan hak dn kewajiban setiap WN
wujud akhir dari pembelaan negara adalah perlawanan rakyat semesta, yg
dilakukan baik dg senjata maupun tanpa senjata. Dengan demikian munculah PPBN (
Penddkn Pendahuluan Bela Negara ) yg di
atur dlm UU No 20 tahun 1989 : TAP MPR
No. II/MPR/1988 ttg Garis-garis Besar Haluan Negara di tetapkan bahwa : Hak dan
Kewajiban warga negara yg diwujudkan dg keikutsertaan dlm upaya bela negara
diselenggarakan antara lain melalui PPBN sbg bagian tidak terpisahkan dlm
sistem pendidikan nasional yg pelaksanaanya melalui jalur pendidikn sekolah
maupun diluar sekolah.
Hakekat PPBN adalah :
Upaya bangsa Indonesia agr sedini mungkin setiap WN memiliki nasionalisme
dn patriotisme yg tangguh guna menjamin tetap tegaknya neg kesatuan RI yg
berdasarkn Pancasla dn UUD 1945 serta terpeliharnya kelangsungan dn
kesinambungan pembangunan nasional.
E. Demokrasi
Pasal 27 (1) UUD 1945 : Segenap WN
bersamaan kedudukanya dalam hukum dn pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dn
pemerintahan itu dg tdk ada kecualinya .
Pasal 28 : diatur bahwa kemerdakaan berserikat dn
berkumpul mengeluarkan pikiran dg lesan dn
tulisan dn sebagainya ditetapkn dengan UU.
Demokrasi kita berdasarkan Pancasila jd dinamakan Demokrasi Pancasila m
pengertian :
a. Mengutamakan kepentingan
bersama
b. Tdk ada pemaksaan kehendak
c. Mengutamakan musyawarah. d. Musyawarah diliputi semngt
kekeluargaan
e. Keputusan
dipertanggungjawabkan secara moral kpd
Tuhan Yang Maha Esa , menjujng hakekat
martabat manusia serta nilai kebenaran dn keadilan.
Ciri-ciri Demokrasi Pancasila
a. Berasaskan kekeluargaan dn gotong royong
b.
Kebebasan individu namun tdk mutlak , diselaraskan
dengan tanggung jawab
c. Perbedaan pendapat dihargai dn di jjng
tinggi
d. Tidak mengenal oposisi
e. Musyawarah untuk mufakat
F. Wawasan Nusantara
Adalah merupkn cara pandang bangsa Indonesia ttg diri dn
lingkunganya yg bernilai strategis dg mengutamakan persatuan dn kesatuan bangsa
serta kesatuan wilayah dlm menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat berbangsa
dn bernegara untuk mencapai tujuan nasional.
- Hakekatnya “
menumbuh kembangkan kesadaran nasional yg tinggi bg bangsa Indonesia sehingga
tercipta persatuan dn kesatuan.
- Strategi dlm pembangunan berkebangsaan dn berwawasan nuantara yg
mewujudkan konsep ketahanan nasional yg diarahkan pd :
1.Geografi : Wadah
sekaligus ruang lingkup bangsa dn tempat kegiatan dlm penyelenggaraan
kenegaraan baik di tingkat pusat maupun daerah, semua wilayah yg penting dlm
keutuhan suatu neg.
2.Kekayaan alam
3.Kependudukan
4.Idiologi Pancasila yg menjunjung tinggi 5 nilai tertinggi
yaitu : KetuhanaYang Maha Esa, kemanusiaan yg adil dn
beradab, persatuan yg berisikan faktor pengikat bangsa yg beraneka ragam dn
persatuan spiritual, kerakyatan dn keadilan sosial.
5.Politik
6.Ekonomi
7.Sosial budaya
8.Pertahanan keamanan
G. Ketahanan Nasional
- Adalah
merupakan kondisi dinamis suatu bangsa yg meliputi segenap kehidupan sosial yg
terintegrasi berisis keuletan dn ketangguhan yg mengandung kemampuan
mengembangkan kekuatan nasional dlm menghadapi dn mengatasi segla tantangan,
ancaman, hambatan, gangguan baik yg datang dri dlm mapun dri luar.
Konsep Ketahanan Nasional
adalqah :
Konsep pengembangan kekuatan
nasional melalui pengaturan dn penyelenggaraan
kesejahteraan dn keamanan yg
seimbang ,serasi, dn selaradlm seluruh aspek kehidupan negara serta
utuhmenyeluruh terpadu berlandaskan falsafah bangsa Pancasila, idiologi neg ,
UUD 1945, konstitusi dn wawasan nuantara.
ASAS-ASAS Ketahanan Naonal :
1.Asas kesejahteraan dn keamanan.
2.Asasa Komperhensip integral dn menyeluruh.
3.Asas mawas kedalam dmn keluar
4. Asas kekeluargaan
G. Politik Strategi Naional
Diartikan sbg kebijakan umum dn pengambilan kebijakan untuk
mencapai suatu tujuan nas, sedang strategi nasional adalah : cara melaksanakan
politik naionaldlm uaha mencapai asaran dn tujuan politik naional dn ditijau
dari :
- Bidang ekonomi
-Bidang sosial budaya
- Bidang politik , dn Peratahan keamanan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar